Diet di Kantor, Kenapa Tidak?

25 Jan 2009

diet.jpg

Mengontrol berat badan sama halnya dengan pelajaran matematika. Untuk mengurangi berat badan, kita harus membakar lebih banyak kalori dalam tubuh.

Nah, bila Anda seharian duduk, hampir tidak banyak menggerakkan tubuh ditambah “hobi” mengonsumsi makanan kecil alias ngemil, maka sangat susah bagi Anda untuk membuang kalori dari tubuh. Bisa dibayangkan apa yang bakal terjadi 2-3 tahun ke depan, kan? Nah, agar mimpi buruk itu tak jadi kenyataan, berikut langkah yang patut Anda lakukan selama jam kerja.

1. Cemilan
Banyak orang suka ngemil sambil duduk di depan komputer. Bila Anda merupakan salah satu di antaranya, hati-hati. Sebaiknya, bawa buah-buahan dan sayuran segar plus sambal dan saus tomat dari rumah. Disarankan untuk tidak menempatkan cemilan di meja, tetapi simpan di tempat yang tidak terlihat oleh pandangan mata sehingga Anda tak tergoda. Bila strategi tersebut tidak berhasil, bawalah porsi secukupnya.

2. Cukup minum
Dengan makan makanan yang sehat, jangan lupa untuk minum air putih, paling tidak 8 gelas selama Anda di kantor. Tempatkan gelas dan botol air mineral yang penuh dengan air segar di meja kerja.

3. Atur makan siang
Atur jam makan siang. Anda dapat makan sebagian makanan untuk makan siang Anda pada jam 11.30, lalu sekitar jam 3 sore bila merasa lapar, dapat menghabiskan makanan siang Anda. Jadwalkan makan siang untuk menghindari makan yang berlebihan. Sangat baik bila Anda dapat membawa makanan untuk makan siang dari rumah karena dengan demikian Anda dapat mengontrol porsi makan dan mengetahui dengan persis berapa kalori yang sudah Anda konsumsi.

4. Batasi porsi
Dengan menyiapkan porsi makan siang, Anda dapat mengontrol porsi makan. Anda harus mengetahui ukuran porsi untuk jenis makanan yang disiapkan. Misalnya, satu ons daging kurang lebih sebesar jempol, jari telunjuk, dan jari tengah, dua sampai tiga ons kurang lebih sama dengan telapak tangan; dan secangkir sereal atau nasi kurang lebih sama dengan sekepal tangan.

5. Bergerak
Gerakkan tubuh Anda walau hanya beberapa menit. Bangkit dari kursi dan bergeraklah setiap saat Anda dapat melakukannya.

Berikut ini beberapa saran:
- Pergilah makan siang di restoran/kantin yang jaraknya tidak terlalu dekat dari kantor dengan berjalan kaki, jangan mengendarai mobil.

- Bila perlu bicara dengan rekan sekerja, daripada mengirim e-mail atau menelepon, hampiri dia.

- Parkir mobil agak jauh dari pintu masuk.

- Jadwalkan waktu olahraga di kalender seperti Anda menjadwalkan janji dengan klien, yang berarti harus Anda lakukan.

- Letakkan tempat sampah jauh dari meja sehingga Anda perlu berjalan untuk membuang sampah.

- Tempatkan telepon agak jauh dari jangkauan agar, pada saat perlu menjawab telepon, Anda bisa sekalian mengendurkan otot tangan atau bahkan harus berdiri agar dapat menjangkaunya.

6. Olahraga
Lakukan gerak badan sebelum mulai dan sesudah selesai bekerja untuk mengimbangi tubuh yang kurang gerakan selama berada di belakang meja kerja. Bila kantor Anda tidak terlalu jauh dari tempat tinggal, sebaiknya berjalan kaki pulang dan pergi ke kantor. Bila tidak memungkinkan, daripada waktu Anda terbuang karena macet, lakukan fitness sepulang kantor. Begitu Anda selesai fitness, jalanan sudah tidak macet lagi dan Anda dapat tiba di rumah pada jam yang sama.

7. Ajak teman sekerja
Ajak teman sekerja untuk bersama-sama melakukan diet. Dengan demikian, Anda dapat saling memberikan dukungan selama jam kerja, bersama-sama makan makanan yang sehat pada jam makan siang, serta melakukan olahraga bersama-sama pada jam istirahat atau sesudah jam kerja.

Anda dapat mencoba membentuk kelompok olahraga/senam atau kelompok diet. Siapa tahu perusahaan tidak keberatan bila salah satu ruangan dipergunakan untuk senam serta menyediakan perlengkapannya, seperti matras, dumber, dan lainnya.*


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post